Sudahkah Kamu Bergabung Di Komunitas Pak Rizky? [View|Join Now]

12.03.2008

Good Bye... Sekolah... (See You Later)

. 12.03.2008


Sabtu (29/11/2008) kemarin, aku akhirnya telah selesai dari PPL II. Tidak terasa hampir 4 bulan lamanya aku dan teman-teman lainnya berada di SMP Negeri 24 Banjarmasin, dan harus mengakhiri kegiatan latihan praktik mengajar disekolah pada hari itu. Lega banget rasanya karena segala macam kewajibanku mengajar tunai aku kerjakan selama beberapa bulan ini. Suka dan duka selama berada disekolah tersebut mewarnai hari-hariku. Terhitung mulai dari tanggal 4 Agustus kemarin, aku mengawali tugas sebagai mahasiswa PPL II. Kalau aku kilas balik kedatanganku pertama kali disekolah tersebut merupakan suatu hari yang bersejarah bagiku. Karena sebelumnya aku tidak pernah menginjakkan kakiku disekolah tersebut, singkat kata aku merasa asing mengetahui bahwa aku ditempatkan mengajar disana. Soalnya harap maklum karena sebelumnya aku pada PPL I kemarin ditempatkan di SMP Negeri 9 Banjarmasin. Selain itu bertambah spesial juga karena bertepatan dengan ultahku.

Banyak hal yang baru aku dapatkan setelah mengadakan praktik mengajar disekolah tersebut. Misalnya saja membuat kegiatan praktik sebelum mengajar, bagaimana melakukan pengelolaan kelas yang baik, mengajar yang sesuai dengan silabus dan kurukulum, dan lain sebagainya yang menyangkut tentang profesi seorang guru. Yang lebih membuatku nyaman, apalagi pihak sekolah ternyata sangat "welcome" dengan kami (mahasiswa PPL II). Segala macam informasi  maupun sarana/fasilitas sekolah yang kami butuhkan untuk melakukan kegiatan PPL II, diberikan secara baik oleh pihak sekolah. Sangat berbeda sekali bila aku mengingat pada saat PPL I kemarin.

Selama melakukan kegiatan praktik mengajar di SMPN 24 Banjarmasin, aku merasakan betul bagaimana menjadi seorang guru yang sesungguhnya. Ya, dunia guru yang sesungguhnya! Kalu dulu aku menjadi murid, kini aku menjadi orang yang mengajar murid. Berada didepan kelas dan memberikan bahan pelajaran untuk mereka (murid). Aku jadi teringat masa-masa disekolah dulu sebagai murid, dimana waktu ada mahasiswa PPL II, aku dan teman-teman sering mengejek mahasiswa yang latihan praktik disekolah kami. Eh.. ternyata sekarang aku yang giliran mendapat perlakuan yang sama setelah menjadi mahasiswa praktik PPL II. Jadi senyum-senyum sendiri bila ada murid yang "iseng" pas waktu aku mengajar.hee.. Apalagi ada siswa yang membuat kesabaranku harus di uji, entah itu karena kenakalannya maupun bikin ribut suasana kelas.

Waktu yang disediakan selama 4 bulan ini, kurasa belum cukup untuk membentuk karakter seorang guru yang melekat pada diriku. Namun, dari pengalaman selama PPL II ini sedikit banyak memberikan masukan dan pengetahuan yang baru dan berarti bagiku kelak apabila nantinya telah menjadi seorang guru. Dunia guru merupakan dunia yang penuh dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan. Apalagi kalo kita melihat kebijakan pemerintah yang berjanji mengalokasikan sebesar 20% dari anggaran APBN/APBD kepada bidang pendidikan.

Saat ini profesi guru merupakan profesi yang menjanjikan, dimana tingkat kesejahteraan guru di Indonesia mulai diperhatikan. Adanya kebijakan dengan pemberian tunjangan profesi kepada guru yang lolos sertifikasi dan kenaikan gaji guru sebesar 100%, menyebabkan profesi ini digadang-gadang bakal jadi rebutan. Sekilas info, sebagai contoh dapat dilihat dari animo mahasiswa baru yang mendaftar ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) dari tahun ke tahun bertambah secara drastis. Malah jumlah mahasiswa di FKIP adalah jumlah yang paling besar dari jumlah seluruh mahasiswa yang ada di fakultas lain. Bahkan di FKIP sendiri sampai membuat program penerimaan mahasiswa baru melalui jalur "Mandiri" atau dengan istilah kerennya jalur "Reguler B". Begitu hebat magnet dari kebijakan pemerintah, sehingga masyarakat dengan tanggap merespons secara luar biasa mengapresiasikannya.

Kembali ke topik, pengalaman praktik mengajarku memang sudah berakhir. Tapi banyak hal yang dapat aku temukan dari sisi lain profesi seorang guru. Entah itu lika-liku perjalanan menjadi seorang guru, menjadi seorang guru, hingga seabreg permasalahannya. Dalam kesempatan ini aku mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah, dalam hal ini SMP Negeri 24 Banjarmasin beserta seluruh komponen sekolah baik itu kepala sekolah, (maaf pak, sering telat datang disekolah?hee..), kordinator PPL II, guru pamong (trims atas bimbingan dan masukannya Bu?),murid-murid, serta tidak lupa penjual gorengan yang ada disekolah (karena ada pian, ulun jadi kada laper..he). Semoga kita dapat bertemu lagi di lain kesempatan.

10 komentar:

HE. Benyamine mengatakan...

Ass.

Hay Guru,

Selamat ulang tahun yang ke ... ? Pengalaman dan pengetahuan dapat memberikan seseorang lebih luas dalam melihat berbagai hal, yang mampu membuat diri mengambil tindakan senyum saja.

Selamat juga atas selesainya praktek formalnya, moga aja sering telat datang ke sekolah tidak dipelihara.

wass.

fitri mengatakan...

saat tiba tuk berpisah... :((

UddinSe Blog mengatakan...

Boz kenalan nah dari ane . . . :D

M. Rizky Adha mengatakan...

@ HE. Benyamine : Wa'alaikumssalam... Hay juga pak? Yang ke berapa yoo...??? :-/ Makasih banyak pak... Kalo soal telat mah sekarang udah diminimalisir pak...he ;))

@ Fitri : Hiks... :(( Pergi untuk kembali... :))

@ Uddinse Blog : Yup, salam kenal juga... Wah, blog baru neh ceritanya... =))

namada mengatakan...

wah...udahan ya ngajarnya Pak Guru?

Kristina Dian Safitry mengatakan...

khabar saya baik pren.makasih. maaf baru sempet mampir

M. Rizky Adha mengatakan...

@ Namada : Iya, udahan bu ngajarnya... :D

@ Kristina Dian Safitry : Makasih juga mbak udah sempet berkunjung kesini... :)

siteruterubozu mengatakan...

g, papa kok. udah biasa di kira mas2 atau om2 tapi semoga ini g jadi kebiasaan berlanjut hehehe.

dengan senang hati, mari kita tukeran link :D

baburinix! mengatakan...

semoga panjang umurnya segera hubungi no kemarin dia orang alalak coy....
dan bermanfaat buat anak didik lho...

M. Rizky Adha mengatakan...

@ Siteruterubozu : He..hee...heee... Iya mbak, semoga nggak berlanjut... ~x(

@ Baburinix : Makasih ya, walaupun telat?he Nah, maksudnya apanya Mang nang bermanfaat tu??? :-/

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Sudah Baca Postingan Yang Ini :

 
Powered by  MyPagerank.Net Add to Technorati Favorites Site Meter site statistics
© Copyright 2007-2008. Aha Blog . All rightsreserved | Aha Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Aha