Sudahkah Kamu Bergabung Di Komunitas Pak Rizky? [View|Join Now]

12.07.2008

Sebuah Nama, Sebuah Makna

. 12.07.2008

Suatu hari aku bertanya kepada orang tuaku, “Abah, Mama, ulun betakunlah lawan pian?” “Kanapa gerang ngaran  ulun ni  dingarani Muhammad Rizky Adha?”.  Kemudian mereka berdua tersenyum dan menjawab, “Ikam tu dingarani kaya itu sababnya lahir pas hari raya Idul Adha nak ai..?” “Mama ni malahirakan ikam tu pas malamnya urang batakbiran?” “Sabujurnya kami ni handak baisi anak nang babinian, tapi sakalinya dapat lakian pulang nak ai..”  “Jaka babinian namanya tu nak ai Rizky Amelia, kami badua sapakat amun anak nang kadua ni kami  buati ngaran “Rizky”. “Walaupun kada saparti nang kami kahandaki, tapi kami tatap basyukur nak ai..?” “Lakian atawa babinian sama haja, samuaan sudah kahandak  dan diatur oleh Allah SWT”.

Mendengar apa yang telah diucapkan oleh orang tuaku, aku tersadar. Nama yang mereka berikan kepadaku mempunyai makna yang penuh pengharapan. Ya, dua puluh satu tahun yang lalu aku lahir  kedunia, tepatnya berdasarkan penanggalan Islam aku lahir tanggal 10 Dzulhijah. Yang  kebetulan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Lantas, sekarang aku bertanya-tanya pada diriku sendiri apa makna namaku ini? Sebuah nama yang tentunya mempunyai makna tersendiri bagi orang tuaku, mengapa mereka memberi nama anaknya seperti itu.
  
Besok (8/12/08), merupakan hari bersejarah dalam proses perjalanan hidupku didunia. Sekarang aku sadar betul bahwa aku menyandang “nama” yang penuh makna. Aku harus benar-benar menjaga makna itu sesuai dengan harapan orang tuaku. Bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk ada didalam dunia. Tidak hanya itu aku “malu” kalau namaku ini bertentangan  dengan sikap dan perbuatanku sehari-hari! Nama Islam, tapi sikap dan perbuatan bukan Islam! Na’udzubillah…!  Walaupun begitu, aku sadar, aku bukanlah manusia yang suci dan bersih dari segala dosa. Kesempurnaan memang jauh, untuk itu aku berusaha untuk kembali kejalan-Nya yang lurus dan atas ridho-Nya aku ada di alam dunia ini.

“Ya Allah, jadikanlah aku sebagai hamba-hamba Mu yang pandai bersyukur atas nikmat dan Karunia-Mu…” Amien…

7 komentar:

Muhammad Qori mengatakan...

Selamat ulang tahun,kawan....

Enak ya,ultahnya waktu Idul Adha :)

HE. Benyamine mengatakan...

Ass.

Semoga doanya dikabulkan ... perbuatannya sejalan dengan namanya dan harapan orang tua.

Saya jadi ingat waktu kuliah dulu, ada teman beragama bukan Islam tapi namanya Muhammad Syukur ... mungkin orang tuanya punya kekaguman terhadap nama tersebut. Entah lah ...

wass.

imen mengatakan...

ikam urang banjar ya...
hiks...
udah lama Q ga pke tuh bhasa...
udah agk lupa... :)

btw met ulang tahun ya....lebih cepat gpp kan....hehehe

langitjiwa mengatakan...

WoW! Selamat Ulang Tahun,Bang.
Semoga diberi kesehatan dan rejeki berlimpah oleh ALLAH.SWT.

Taufik mengatakan...

supaya lebih mudah nulisnya, :D
ga usah diganti juga ga apa2, domainnya tu langsung mengarahkan sendiri ke alamat yang baru, jadi kalo
Jadi kalo kita tulis alamat yang lama langsung
dialihkan ke alamat yang baru. gitu ceritanya, kalo
kamu mau bisa ntar aku kasih tau.

Taufik mengatakan...

Eh kelupaan, met ultah ya, traktir2 nih :D and met hari raya idul adha, judulnya kaya lagu peterpan deh sebuah nama sebuah cerita :)

M. Rizky Adha mengatakan...

@ Muhammad Qori : Makasih banyak yaa atas ucapannya...he :D

@ HE. Benyamine : Wa'alaikumssalam... Amien... Makasih banyak ya Pak... :)

@ Imen : Inggih, ulun urang Banjar... Nah, mun kaya itu lakasi bulik ka Banjar pian?he ;) Iya, nggak pa2 kok... Makasih banyak yaa... :)

@ Langitjiwa : Amien... Makasih banyak yaa... :)

@ Taufik : Oh ya, kalo gitu enak dunk langsung ke alamatnya? Makasih banyak ya Fren, traktirnya ambil bon masing2 di rumah ya...he

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Sudah Baca Postingan Yang Ini :

 
Powered by  MyPagerank.Net Add to Technorati Favorites Site Meter site statistics
© Copyright 2007-2008. Aha Blog . All rightsreserved | Aha Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Aha